TOP NEWS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas mattis nisi felis, vel ullamcorper dolor. Integer iaculis nisi id nisl porta vestibulum.

Selasa, 23 November 2010

Langkah-langkah Persiapan Membuat Website



Membuat situs atau website tidaklah semudah membuat secangkir kopi, kita harus mempersiapkan apa saja dan bagaimana langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam membuat website tersebut. Disini saya akan mencoba menjabarkan lahngkah-langkah persiapan membuat website enurut Rickyanto diantaranya adalah sebagai berikut :



a. Merumuskan tujuan pembuatan website
Berdasarkan isi maupun tujuan, website biasanya dapat digolongkan menjadi seperti ini :

  1. Website marketing berfungsi sebagai media presentasi dan pemasaran. Website ini harus memiliki daya tarik bagi pengunjung untuk menyimak isi website sehingga faktor desain sangat penting. Suatu website profil perusahaan bisa merupakan website marketing apabila isi dan desain website mampu memperlihatkan sisi positif atau keunggulan dari perusahaan tersebut.
  2. Website pelanggan service berfungsi sebagai media untuk melayani konsumen
  3. Website e-commerce berfungsi sebagai media transaksi online.
  4. Website informasi/berita berfungsi sebagai media informasi dan berita, atau bisa dikatakan website ini merupakan media semacam Koran atau majalah online. Keakuratan dan kelengkapan informasi dari web site semacam ini sangat penting karena merupakan faktor utama.
b. Menentukan isi website
Untuk membuat website kita memerlukan isi karena merupakan faktor penting dalam website, agar orang lain mendapatkan hal yang bermanfaat dalam website kita

c. Walaupun sebuah website seharusnya boleh dan dapat dikunjungi semua orang, tetapi tidaklah mungkin bila kita menginginkan agar semua orang dapat mengunjungi website kita. Oleh karena itu kita perlu membuat suatu gambaran target ang akan dituju oleh website kita. Alasannya adalah karena orang-orang menggunakan browser yang berbeda, menggunakan koneksi internet dengan kecepatan yang berbeda, memiliki fasilitas plug-in yang berbeda, serta monitor dengan resolusi yang berbeda. Jadi sebaiknya kita menentukan target pengunjung terlebih dahulu.

d. Menentukan struktur website
Struktur website memegang peranan penting dalam kemudahan manajemen website. Struktur yang baik memudahkan webmaster untuk mengelola website tersebut dengan struktur yang jelek memiliki akibat sebaliknya. Suatu struktur harus disesuaikan dengan isi website. Website yang sederhana tidak harus memiliki struktur yang baik, tidaklah sulit untuk memanajemen atau memelihara website yang sederhana, karena jumlah file dan elemen yang sedikit. Sedangkan website yang kompleks (memiliki isi dan menu yang kompleks) harus memiliki struktur yang terorganisir dengan baik untuk memudahkan navigasi, editing maupun pemeliharaan website.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Mohon Maaf Blog ini sekarang sudah jarang di Update
Kalau link atau isi kontentnya sudah pada expired