TOP NEWS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas mattis nisi felis, vel ullamcorper dolor. Integer iaculis nisi id nisl porta vestibulum.

Kamis, 19 Maret 2009

E-Commerce

E-commerce (Electronic commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen (consumers), manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan pedagang pantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet.

Konsep E-Commerce
E-commerc memiliki 5 konsep dasar :


  • Automation
    Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep ”enterprise reseource planning”)

  • Streamlining / Integration
    Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “Just In Time”)

  • Publishing
    Kemudian berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasa yang diperdagangkan (konsep ”electronic cataloging”)

  • Interaction
    Pertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human eror (Konsep “Electronic data Interchange”)

  • Transaction
    Kecepatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (Konsep “Electronic Payment”)

Perkembangan E-commerce
- Perkembangan E-Commerce di Indonesia
- Perkembangan E-commerce di Luar Indonesia (Internasional)
- Faktor Perkembangan E-commerce

E-Market Place (Cont)
Pertimbangan bergabung ke dalam E-marketplace
- Woner E-Marketspace
- Costs
- Eae To Use / Support
- Industry Fit
- Marketplace Participation
- Security / Privacy
- Other Service
- Process Integration

E-Marketspace
Pengertian E-Marketspce
Pasar di mana para penjual dan para pembeli menukar jasa dan barang-barang untuk uang atau untuk jasa dan barang-barang lainnya, yang dilakukan secara elektroniks

Komponen E-Marketspace
- Costumer (Konsumen)
- Seller (Penjual)
- Barang (Berupa Fisik atau Digital)
- Front-End
- Mitra Bisnis (Intermediaries)
- Dukungan Pelayanan Support Service
- Infrastruktur
- Back End

E-Marketspace (Cont)
Fungsi Utama Pemasaran

- Mempertemukan para pembeli (konsumen) dan para penjual (Pelaku Bisnis)
- Memudahkan pertukaran ifnromasi, barang-barang jasa, dan pembayaran dihubungkan dengan transaksi pasar
- Menyediakan suatu infrastruktur kelembagaan

Supply Chain
Merupakan suatu aliran barang, informasi, uang, dan jasa dari melalu para penyalur pabrik-pabrik dan gudang sampai kepada pelanggan akhir. Termasuk juga organisasi dan pemroses yang menciptakan dan mengirimkan kepada pelanggan akhir.

Komponen dari Supply Chain
- Upstream Supply Chain
Merupakan aktifitas dari pada penyalur pribadi (pabrikan atau assemblers) dan para penyalur lainnya.
- Internal Supply Chain
Merupakan semua proses in-house yang digunakan didalam mentraformasi masukan yang diterima dari para supplier kedalam hasil organisasi
- Downstream Supply Chain
Merupakan semua aktifitas yang melibatkan dalam pengiriman produk kepada pelanggan

Tipe dari Supply Chain
- Membuat persediaan yang terintegrasi
- Pengisian Ulang (Replenishment) yang berkelanjutan.
- Build To Order, merupakan model suatu perusahaan yang langsung memulai melakukan pengolahan pesanan dari pelanggan dengan seketika, ketika pesanan tersebut diterima.
- Channel Assembly, merupakan model dimana produk dirakit dengan seketika, dan langsung dipindahkan melalui saluran distribusi

Faktor Sukses E-Market
Karakteristik Produk

- Tipe Produk
- Harga Produk
- Ketersediaan Standard Produk
- Informasi Produk


Karakteristik Industri
- Diperlukan Broker
- Intellegent System boleh menggantikan Broker

Karakteristik Penjualan

- Konsumen akan mencari penjual dengan harga yang murah
- Volume Rendah dengan margin keuntugnan transaksi yang lebih tinggi

Karakteristik Pembeli
- Pembeli yang sesuai dengan selera
- Pembeli yang seperti pasien / selalu butuh
- Pembeli yang menganalisa





0 komentar:

Mohon Maaf Blog ini sekarang sudah jarang di Update
Kalau link atau isi kontentnya sudah pada expired