TOP NEWS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas mattis nisi felis, vel ullamcorper dolor. Integer iaculis nisi id nisl porta vestibulum.

Minggu, 07 Februari 2010

Ada Sepuluh Ribu Lowongan Kerja di Kalbar





Liputan6.com, Pontianak: Peluang kerja di Kalimantan Barat pada November nanti akan mencapai 10 ribu. Ini seiring dibukanya lowongan untuk calon pegawai negeri sipil dan bursa kerja swasta secara bersamaan. "Pembukaan bursa kerja sudah yang ketiga kalinya untuk tahun ini, rencananya mulai 3 November selama tiga hari," kata Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalbar Syarif Jusuf Alkadrie di Pontianak, Senin (26/10) seperti dikutip ANTARA.



Pembukaan calon pegawai negeri sipil di Kalbar mulai 29 Oktober hingga 12 November mendatang. Bursa kerja membuka lowongan untuk 4.592 orang dari 33 perusahaan, sementara kuota calon PNS penerimaan tahun 2009 sebanyak 5.352 orang. Menurut Syarif, bursa kerja cukup efektif untuk memediasi antara pencari kerja dan perusahaan. "Tingkat penyerapan pada bursa kerja sebelumnya sekitar 60 persen. Ini karena antara lowongan dan latar belakang pencari kerja yang belum sesuai," kata dia.


Syarif mengemukakan Disnakertrans yang bekerja sama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI dalam bursa kerja itu memperluas bidang kerja perusahaan yang ikut. Menurut dia, pada bursa kerja sebelumnya lebih banyak perusahaan yang ikut dari bidang penempatan tenaga kerja di luar negeri. "Kalau sekarang, ada dari sektor perkebunan, pengolahan kayu, dealer kendaraan bermotor, dengan penempatan di seluruh Indonesia," kata Syarif.


Pada bursa kerja yang rencananya dibuka Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar itu ada lima perusahaan penempatan tenaga kerja luar negeri yang turut serta. Selain itu, akan ditampilkan pula hasil karya para mantan tenaga kerja Indonesia di luar negeri. "Sekaligus temu wicara dengan sekitar 600 calon tenaga kerja yang mau berangkat ke luar negeri," katanya.(JUM/ANS)


1 komentar:

  1. wah ada banyak lowongan kerja aja d luar jawa, jauuuuuuuuhhhhhhhh

    BalasHapus

Mohon Maaf Blog ini sekarang sudah jarang di Update
Kalau link atau isi kontentnya sudah pada expired