TOP NEWS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas mattis nisi felis, vel ullamcorper dolor. Integer iaculis nisi id nisl porta vestibulum.

Selasa, 23 November 2010

Mengoptimalisasi Kinerja Harddisk


Harddisk merupakan salah satu komponen penting yang ada pada tubuh PC anda. Harddisk itu sendiri memiliki fungsi sebagai salah satu alat booting komputer serta sebagai media penyimpanan operating system (OS) dan data dalam kapasitas yang besar. To the point saja, berikut ini merupakan sedikit contoh untuk optimalisasi kinerja Harddisk:


1. Gunakan teknologi SATA
Jika motherboard menggunakan konektor SATA, sebaiknya pilih jenis harddisk dengan interface SATA yang memiliki kecepatan pengolahan dan transfer data yang lebih cepat dibandingkan harddisk yang memiliki konektor IDE. Penggunaan kabel interface jenis SATA yang kecil dan tipis ini akan melonggarkan ruang dalam casing sehingga sirkulasi udara akan lebih baik, pada akhirnya akan membantu performa keseluruhan PC anda.
2. Multipartisi Harddisk
Multipartisi adalah membagi harddisk menjadi beberapa bagian yang membuat drive sendiri sesuai keinginan kita. Saya beri contoh, misalkan HDD dengan kapasitas 80 Gb dibagi menjadi 4 drive, yaitu C, D, E, dan F, masing – masing drive mempunyai kapasitas 20 Gb. Keuntungan melakukan partisi ini antara lain:

  • Harddisk dengan multipartisi akan menguragi waktu akses sehingga sistem operasi akan lebih responsif. Jika kita meletakkan OS atau file lain yang sering diakses di partisi awal, partisi awal tersebut merupakan bagian pertama yang akan dibaca oleh head baca tulis. Jika harddisk hanya dibuat satu partisi saja, file akan diletakkan secara sembarangan, yang akan menyebabkan head baca tulis harus berjalan mencari file yang akan di akses tersebut. Tentunya ini akan memperlambat waktu proses harddisk.
  • Jika terjadi sesuatu terhadap OS, data lain yang berada di luar partisi ini tidak akan terusik atau rusak. Cukup format ulang partisi dengan file yang rusak tadi, kemudian kita install OS baru (dengan melakukan format terlebih dahulu pada beberapa OS seperti MS. Vista), dan data – data yang tersimpan pada partisi lain tidak akan hilang.
  • Mempersingkat waktu defrag partisi harddisk yang terdapat OS di dalamnya.
  • Memperlambat kinerja virus yang akan menyerang data kerja pengguna PC karena biasanya virus menyerang terlebih dahulu drive C yang terisi oleh OS.
  • Kinerja OS akan lebih cepat dalam menampilkan jendela kerja.
Pembuatan multipartisi harddisk ini dapat dilakukan juga dengan menggunakan program aplikasi pihak ketiga seperti Acronis Partition Magic atau Partition Magic versi 8.0 ke atas, dan program aplikasi lainnya.
3. Siapkan ruang kosong pada harddisk
sisakan ruang kosong pada harddisk minimal 10 persen dari kapasitasnya sehingga harddisk dapat bernafas. dengan demikian, harddisk akan bekerja lebih baik dan cepat.
4. Gunakan dan pilih jenis harddisk yang sudah memiliki kecepatan putaran minimal 7200 rpm. Hal ini akan meningkatkan performa kinerja harddisk.
5. Sebaiknya gunakan kipas tambahan pada harddisk karena suhu yang tinggi dapat menyebabkan harrdisk tidak bekerja secara opimal.

cingciripit.com

0 komentar:

Mohon Maaf Blog ini sekarang sudah jarang di Update
Kalau link atau isi kontentnya sudah pada expired